Ciri-Ciri & Sifat Layang-layang, Lengkap Gambar Penjelasannya

Daftar Isi

Ciri layang-layang

Ciri-Ciri Layang-Layang - Layang-layang merupakan bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat sisi. Bangun ini mempunyai dua pasang sisi sama panjang dan sepasang sudut yang sama besar. Bangun datar layang-layang memiliki garis diagonal yang saling tegak lurus dan salah satunya merupakan sumbu simetrinya.

Ukuran panjang pada garis diagonalnya merupakan dimensi yang digunakan untuk menghitung luas bangun layang-layang. Sedangkan untuk mencari keliling layang-layang adalah dengan menjumlahkan semua panjang sisinya.

Jika diperhatikan lagi, bentuk dari bangun layang-layang ini mirip dengan belah ketupat. Perbedaannya adalah belah ketupat mempunyai empat sisi yang sama panjang, sedangkan pada layang-layang hanya terdapat dua pasang sisi sama panjang. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap di bawah ini mengenai ciri-ciri dan sifat bangun datar layang-layang.

Ciri-Ciri dan Sifat Layang-Layang

Permainan layang-layang merupakan permainan yang sering dimainkan saat musim kemarau. Tahukah kamu jika bentuk layang-layang ini merupakan salah satu bentuk bangun datar? Sesuai dengan namanya, permainan tersebut merupakan bangun datar yang dinamakan layang-layang.

Layang-Layang

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas ciri-ciri bangun datar tersebut. Untuk lebih memahaminya silahkan perhatikan gambar layang-layang di atas. Berikut adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh bangun dua dimensi layang-layang:

  • Memiliki 4 sisi yang terdiri dari 2 pasang sisi yang sama panjang yaitu AB = AD dan BC = CD
  • Memiliki 4 sudut yang terdiri dari 2 pasang sudut yang saling berhadapan
  • Memiliki 2 sudut yang saling berhadapan dan sama besar yaitu ∠ABC = ∠CDA
  • Memiliki 2 diagonal yang saling berpotongan dan tegak lurus
  • 2 Diagonal yang saling berpotongan panjangnya berbeda
  • Memiliki 1 sumbu simetri
  • Memiliki 1 simetri lipat
  • Memiliki 1 simetri putar

Demikianlah pembahasan mengenai ciri-ciri dan sifat bangun layang-layang yang bisa kamu ketahui. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Offa
Offa Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.

Posting Komentar