3 Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp, Tanpa Ribet

Aplikasi WhatsApp, atau yang sering disingkat WA, merupakan salah satu aplikasi pengirim pesan yang sangat populer saat ini. Bahkan, kepopulerannya mampu mengalahkan aplikasi serupa lainnya seperti Line, BBM, dan Michat. Hampir setiap smartphone memiliki aplikasi WhatsApp terinstal.

Membalas Pesan Otomatis

Dengan WhatsApp, kalian tidak hanya dapat mengirim pesan saja. Namun sekarang kalian juga dapat melakukan pengiriman gambar, file, video, stiker, dan pesan suara. Bahkan, kalian juga dapat melakukan panggilan video secara gratis.

Selain itu, kalian dapat mengirim pesan ke banyak nomor kontak yang kalian simpan dengan mudah dan cepat. WhatsApp memang menjadi aplikasi yang membantu dan mempermudah komunikasi jarak jauh. Tidak heran jika aplikasi ini banyak digunakan di seluruh dunia.

Sejak diambil alih oleh Facebook, WhatsApp banyak memunculkan inovasi-inovasi baru. Salah satu fitur yang diberikan adalah WhatsApp dapat membalas pesan secara otomatis (auto reply) tanpa kita harus membalasnya langsung.

Bagi kalian yang tidak sempat untuk membalas pesan WA yang masuk satu persatu atau kalian lupa, maka fitur yang satu ini sangat berguna. WhatsApp memberikan fitur mengirim atau membalas pesan secara otomatis.

Fitur ini memang belum ada di aplikasi WhatsApp standar. Namun, WhatsApp menyediakan aplikasi lain yang mendukung fitur tersebut dan terhubung dengan kontak WhatsApp kalian. Dengan kata lain, kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Nah, ada 3 cara yang akan admin tunjukkan dan bisa kalian coba. Aplikasi-aplikasi ini bisa dibilang aman karena kita mendownloadnya langsung dari Google Play Store. Berikut ini caranya.

1. Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business

WhatsApp Business (WA Bisnis) merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk para pelaku bisnis kecil. Dengan aplikasi ini, kalian dapat dengan mudah menjalin interaksi dan mengirim pesan kepada pelanggan kalian dengan lebih mudah.

Sama seperti WhatsApp Messenger, aplikasi ini dapat mengirim pesan berupa gambar, file, video, dan lainnya, sehingga memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi. Bagian yang paling menarik adalah kalian bisa menginstall kedua aplikasi tersebut tanpa mengganggu akun WhatsApp pribadi.

Fitur WA Business:

  • Profil bisnis, fitur ini memungkinkan kalian untuk menambahkan informasi-informasi penting tentang profil kalian seperti alamat, email, situs web, dan keterangan barang.
  • Balas Cepat, dengan adanya fitur ini, kalian dapat menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering dikirim.
  • Pesan Otomatis, ini adalah fitur yang dapat digunakan ketika kalian tidak sempat membalas chat seseorang. Maka, fitur ini akan langsung mengirimkan pesan yang kalian inginkan.

Di atas adalah penjelasan singkat tentang fitur-fitur yang dimiliki oleh WhatsApp Business. Sekarang, kita akan masuk ke tutorial tentang cara membalas pesan WhatsApp secara otomatis dengan WhatsApp Business.

1. Pertama, instal aplikasi WhatsApp Business di ponsel kalian. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store atau melalui tautan ini.

2. Setelah terinstal, buka aplikasinya. Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, kalian akan diminta untuk memasukkan nomor HP yang akan digunakan.

3. Pada tampilan utama, pilih ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan (Settings) > Pengaturan Bisnis (Business Settings) > Pesan Tidak Ada (Away Message).

4. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pesan. Akan ada tiga opsi menu yang tersedia, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Membalas Pesan Otomatis di WA Business

5. Untuk mengirim pesan atau membalas pesan secara otomatis, aktifkan fitur Kirim Pesan Tidak Ada (Send Away Message). Kemudian, isi pesan yang akan dikirimkan di bagian Pesan (Message).

6. Selanjutnya, atur jadwal pengiriman pesan pada menu Jadwal (Schedule). Jangan lupa untuk mengatur kepada siapa pesan akan dikirimkan di menu Penerima (Recipients). Kalian dapat mengirim pesan ke semua kontak (Everyone) atau beberapa kontak saja.

7. Setelah selesai, pilih Simpan (Save) di bagian kanan atas untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.

8. Selesai.

Kelebihan: Aplikasi ini berasal langsung dari WhatsApp, sehingga aman dan nyaman digunakan. Selain itu, penggunaannya sangat mudah dengan banyak fitur yang dapat dimanfaatkan.

Kekurangan: Fitur ini hanya tersedia untuk jadwal yang telah ditentukan dan hanya ditujukan untuk bisnis kecil.

2. Menggunakan Aplikasi Whatsapp Auto

Kalau kalian tidak ingin menggunakan dua akun WhatsApp, kalian bisa mencoba aplikasi berikut ini. Namanya adalah WhatsApp Auto. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, dengan aplikasi ini kalian dapat mengirim dan membalas pesan WhatsApp secara otomatis. Perbedaannya adalah kita bisa menggunakan akun pribadi kita tanpa harus membuat akun yang berbeda.

Fitur-fitur WhatsApp Auto:

  • Dapat mengirim pesan otomatis di grup
  • Fitur Statistik
  • Pesan dapat disimpan atau dicadangkan.

Nah, itu tadi penjelasan sedikit tentang fitur apa saja yang diberikan oleh aplikasi WhatsApp Auto. Untuk penjelasan tutorialnya, berikut ini:

1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di Play Store. Bisa juga kalian klik link berikut ini: [Download](link download).

2. Kemudian setelah berhasil terinstal, buka aplikasinya. Aktifkan menu Jawab Otomatis. Maka nanti akan muncul jendela perintah meminta izin. Pilih Izinkan.

3. Langkah selanjutnya sama seperti aplikasi yang pertama tadi. Silahkan tulis pesan apa yang akan terkirim di bagian "Teks balasan otomatis". Atau kalian juga bisa langsung pilih teks yang sudah disediakan.

Membalas Pesan Otomatis di WA Auto

4. Untuk mengatur pada siapa saja pesan akan dikirim, kalian geser ke menu Kontak di bagian atas.

5. Dan juga kalian dapat melihat statistik pesan yang dikirim pada menu Statistik.

6. Selesai.

Kelebihan: dengan aplikasi ini, kalian bisa menggunakan satu akun WhatsApp dan tidak perlu membuat akun yang berbeda. Ada banyak pilihan template yang bisa dipakai.

Kekurangan: sering muncul iklan, sehingga sedikit mengganggu.

3. Menggunakan Aplikasi SKEDit

SKEDit

Cara yang terakhir adalah menggunakan aplikasi SKEDit. Sebenarnya aplikasi ini digunakan untuk mengirim pesan terjadwal. Misalnya, kalian ingin mengirim pesan hari ulang tahun seseorang. Maka, kalian bisa menjadwalkannya dengan aplikasi ini, yang kemudian pesan tersebut akan otomatis terkirim sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Jadi, kalian tidak perlu lagi repot-repot bangun tengah malam hanya untuk mengirim pesan. Aplikasi SKEDit merupakan aplikasi untuk menjadwalkan pesan seperti WhatsApp, Facebook, SMS, email, bahkan mengatur jadwal panggilan.

Namun, karena disini kita membahas aplikasi WhatsApp, maka admin halamantutor tidak akan terfokus dengan aplikasi lainnya. Ok, langsung saja kita ke tutorialnya di bawah ini.

1. Pertama-tama, bagi kalian yang belum memiliki aplikasinya, silakan download dan install di ponsel kalian melalui Play Store. Bisa juga melalui link berikut ini: [Download](link download).

2. Jika sudah, selanjutnya buka aplikasi SKEDit dan kalian akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu. Kalian bisa daftar dengan email Google atau Facebook.

3. Langkah selanjutnya, kalian pilih layanan atau aplikasi apa yang ingin kalian otomatisasi. Nah, disini kalian pilih saja aplikasi WhatsApp, lalu pilih Selesai.

4. Pada menu utama, kalian klik WhatsApp, kemudian aktifkan menu Aksesibilitas. Setelah itu, kalian pilih tanda plus "+" di pojok kanan atas untuk memilih kontak mana saja yang akan menerima pesan dari kalian.

5. Setelah itu, silahkan tulis pesan yang akan dikirim secara otomatis, dan juga jangan lupa atur jadwal pengiriman sesuai yang diinginkan.

6. Oh iya, kalian juga dapat mengirim pesan dalam bentuk file media. Jika sudah, klik tanda centang yang ada di kanan atas layar ponsel kalian.

7. Selesai.

Kelebihan: pesan dapat terkirim tanpa harus mengetikkannya secara langsung sesuai dengan jadwal.

Kekurangan: kalian harus mematikan atau menonaktifkan kunci layar hp kalian agar pesan dapat terkirim. Tidak bisa membalas pesan secara otomatis.

Demikianlah tutorial 3 Cara Membalas Pesan WhatsApp secara Otomatis. Dengan adanya cara-cara tersebut, tentunya memudahkan kalian dalam mengirim pesan dan prosesnya menjadi lebih cepat. Jika kalian punya cara lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Jangan lupa untuk share artikel dari Teknoindie ini ke teman-teman kalian yang lain. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Sampai bertemu di artikel berikutnya.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.