Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno4 F!

Daftar Isi

Setelah sukses dengan peluncuran OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro, OPPO kembali memanjakan konsumen dengan merilis varian lainnya, yaitu OPPO Reno4 F. Ponsel ini resmi dirilis untuk pasar Indonesia pada 12 Oktober 2020, dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu Rp4.299.000,-.

OPPO Reno4 F

Spesifikasi OPPO Reno4 F
  • Layar: Super AMOLED 6.43 inci
  • Chipset: MediaTek Helio P95
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera: 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi OPPO Reno4 F dan Harganya

Meskipun memiliki harga yang lebih ramah di kantong, OPPO Reno4 F tidak kalah menariknya dengan varian sebelumnya. Pengguna masih dapat menikmati berbagai keunggulan yang relevan, sambil tetap menghemat budget. Namun, untuk mempertahankan harga yang lebih rendah, tentu ada beberapa fitur dan spesifikasi yang harus dikurangi. Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4 F.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno4 F

Kelebihan

OPPO Reno4 F membawa layar Super AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) yang memberikan kontras dinamis yang luas. Layar ini juga memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 800 nits, cocok digunakan di luar ruangan tanpa kesulitan membaca layar di bawah sinar matahari. Meskipun hanya memiliki refresh rate 60 Hz, hal ini wajar untuk layar Super AMOLED.

Layar Super AMOLED

Penggunaan layar Super AMOLED juga memungkinkan adanya sensor sidik jari tersembunyi di dalam layar, memberikan tampilan belakang ponsel yang bersih tanpa sensor sidik jari yang mencolok. Fitur ini cukup unik karena kebanyakan ponsel masih menggunakan sensor sidik jari di samping atau di belakang ponsel.

Salah satu hal yang selalu menarik dari ponsel OPPO, terutama seri Reno, adalah kemampuan kameranya. OPPO Reno4 F memiliki empat kamera di belakang dengan konfigurasi yang sama dengan OPPO Reno4 reguler: kamera utama 48 MP f/1.7, kamera ultra lebar 8 MP, dan dua kamera kedalaman 2 MP. Pada layar tersemat dual punch hole dengan resolusi 16 MP sebagai sensor utama dan 2 MP sebagai sensor kedalaman.

Fitur AI Color Picker adalah salah satu fitur unik yang ditawarkan OPPO Reno4 F, memungkinkan pengguna mengisolasi subjek foto untuk tetap berwarna sementara latar belakangnya diubah menjadi hitam putih secara otomatis.

Baterai Awet

OPPO Reno4 F juga memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh yang cukup awet, didukung oleh layar Super AMOLED yang hemat daya. Fitur Super Power Saving Mode memungkinkan pengguna menggunakan ponsel dengan sisa baterai 5% untuk beberapa fungsi penting seperti menelepon atau mendengarkan musik.

Desain OPPO Reno4 F cukup ramping dengan berat 164 gram dan ketebalan 7,5 mm, membuatnya nyaman untuk digunakan dan disimpan di saku. Ponsel ini juga tersedia dalam dua varian warna: Metallic White dan Matte Black.

MediaTek Helio P95

Di bagian performa, OPPO Reno4 F ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P95 dengan GPU PowerVR GM9446. Chipset ini dikombinasikan dengan 8 GB RAM LPDDR4x dan memori internal 128 GB UFS 2.1. Dengan spesifikasi ini, OPPO Reno4 F cocok untuk bermain game seperti PUBG Mobile dengan pengaturan grafis yang tinggi.

Perangkat ini juga memiliki slot microSDXC terpisah untuk memori eksternal, port jack audio 3,5 mm untuk headset, dan port USB tipe-C yang mendukung OTG. Meskipun kehadiran OPPO Reno4 F di era headset nirkabel, keberadaan jack audio 3,5 mm tetap memudahkan pengguna yang masih menggunakan headset berkabel.

Kekurangan

OPPO Reno4 F tidak memiliki fitur AI Monochrome untuk perekaman video seperti yang ada pada OPPO Reno4. Fitur ini hanya dapat diterapkan pada pemotretan foto. Meskipun demikian, OPPO Reno4 F tetap menjadi salah satu pilihan terbaik di kelasnya dalam hal fotografi.

Namun, OPPO Reno4 F tidak dilengkapi dengan lensa telefoto seperti beberapa ponsel terbaru lainnya. Lensa telefoto memungkinkan zoom hingga jarak tertentu tanpa kehilangan kualitas foto. Kehadiran lensa telefoto ini sangat berguna dalam situasi-situasi di mana Anda perlu memotret objek dari jarak jauh.

Fitur NFC, yang memungkinkan transaksi digital dan penggunaan kartu akses digital, hanya hadir pada ponsel kelas menengah. Sayangnya, OPPO Reno4 F, meskipun termasuk dalam segmen mid-range, tidak memiliki fitur NFC. Jadi, bagi yang membutuhkan fitur NFC, sebaiknya mempertimbangkan ponsel lain.

OPPO Reno4 F menggunakan teknologi fast charging 18 W, yang dianggap lambat untuk ponsel di kelasnya. Sebagai perbandingan, varian reguler OPPO Reno4 menggunakan fast charging 30 W yang lebih cepat, mengisi baterai hingga 50% dalam 20 menit. Jadi, proses pengisian daya OPPO Reno4 F membutuhkan waktu lebih lama.

Offa
Offa Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.

Posting Komentar