Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 SuperZoom ini!

Daftar Isi

Realme baru-baru ini meluncurkan ponsel terbarunya, Realme X3 SuperZoom, pada 16 Juni 2020, yang menjanjikan kemampuan fotografi yang luar biasa. Sebagaimana dapat disimpulkan dari namanya, ponsel ini memiliki fitur zoom super yang cocok untuk pengguna yang sering mengambil foto dari jarak jauh. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 10 kelebihan dan kekurangan Realme X3 SuperZoom bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut.

Realme X3 SuperZoom

Spesifikasi Realme X3 SuperZoom
  • Layar: IPS LCD, 6.6 inches
  • Chipset: Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
  • GPU: Adreno 640 (700 MHz)
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128/256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 8 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: Dual 32 MP + 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi Realme X3 SuperZoom dan Harganya

Meskipun Realme dikenal dengan produk-produknya yang terjangkau, Realme X3 SuperZoom menawarkan spesifikasi yang menempatkannya di segmen harga menengah ke atas. Bagaimana performa dan fitur ponsel ini, yang merupakan penerus dari Realme X2? Simak ulasan lengkapnya berikut ini tentang kelebihan dan kekurangan Realme X3 SuperZoom.

Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 SuperZoom

Kelebihan

Refresh rate yang tinggi, khususnya 120 Hz, pada Realme X3 SuperZoom memberikan pengalaman menonton YouTube atau film yang lebih lembut dan menyenangkan dibandingkan dengan kebanyakan ponsel yang hanya memiliki refresh rate 60 Hz. Hal ini membuat transisi layar terlihat lebih mulus dan menyenangkan. Faktor ini menjadi salah satu keunggulan utama dari Realme X3 SuperZoom, karena refresh rate 120 Hz biasanya hanya ditemukan pada ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S20.

Kamera Belakang

Fitur lain yang menarik adalah adanya lensa periskop pada Realme X3 SuperZoom, memungkinkan zoom optikal hingga 5 kali dan SuperZoom hingga 60 kali. Dengan konfigurasi empat kamera belakang, termasuk lensa utama 64 MP, lensa periskop 8 MP, lensa ultra lebar 8 MP, dan lensa makro 2 MP, ponsel ini menawarkan kemampuan fotografi yang cukup impresif.

Di bagian depan, Realme X3 SuperZoom memiliki kamera selfie ganda, dengan lensa utama 32 MP dan lensa ultra lebar 8 MP. Hal ini memungkinkan pengambilan selfie dengan sudut pandang yang lebih luas, cocok untuk foto bersama dalam situasi grup.

Baterai dan Fast Charging

Fitur pengisian daya cepat 30W pada baterai 4200 mAh memungkinkan pengisian daya ponsel dalam waktu sekitar 58 menit dari nol hingga penuh. Sementara itu, daya tahan baterainya mencapai 104 jam dalam pengujian endurance rating, cukup untuk penggunaan harian seperti browsing, pemutaran video, dan menelepon.

Realme X3 SuperZoom juga menawarkan pilihan varian RAM dan memori internal yang besar, yakni 8 GB/128 GB dan 12 GB/256 GB. Keduanya sudah cukup untuk menginstal banyak aplikasi dan mendukung aktivitas multitasking. Memori internalnya menggunakan teknologi UFS 3.0, memberikan kecepatan baca dan tulis yang tinggi untuk instalasi aplikasi dan transfer data yang cepat.

Kekurangan

Performa Realme X3 SuperZoom didukung oleh chipset Snapdragon 855+, yang meskipun bukan yang terbaru, masih mampu memberikan kinerja yang sangat baik. Snapdragon 855+ adalah chipset kelas atas yang memastikan kinerja lancar dalam menjalankan game berat dan aktivitas berat lainnya tanpa kendala.

Chipset Snapdragon 855+

Meski demikian, kehadiran chipset Snapdragon 865 pada beberapa HP sekelasnya membuat Snapdragon 855+ terasa sedikit ketinggalan. Namun, Realme X3 SuperZoom masih mampu menjalankan PUBG Mobile pada pengaturan grafis HDR dan frame rate Extreme tanpa lag atau stutter yang mengganggu, seperti yang terlihat dalam video pengetesan yang diunggah oleh XY Gadget Team.

Di sisi layar, Realme X3 SuperZoom masih menggunakan panel IPS LCD, yang agak mengecewakan mengingat harganya yang relatif tinggi. Layar berukuran 6,6 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan tingkat kecerahan maksimal 437 nits, sedikit lebih rendah dari pendahulunya, Realme X2 Pro. Meskipun demikian, layarnya dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi dari goresan dan benturan.

Namun, satu kekurangan yang cukup mencolok adalah absennya dukungan untuk kartu microSD pada Realme X3 SuperZoom. Pengguna hanya bisa mengandalkan memori internal untuk penyimpanan, yang berarti kapasitas yang seharusnya bisa digunakan untuk aplikasi akan terpakai oleh foto, video, dan musik. Hal ini menjadi kekurangan yang cukup fatal bagi pengguna yang memiliki koleksi musik yang besar.

Selain itu, Realme X3 SuperZoom juga tidak memiliki jack audio 3,5 mm, yang berarti pengguna harus menggunakan adaptor tambahan atau headset Bluetooth untuk mendengarkan musik. Ini tentu menjadi kekurangan bagi pengguna yang masih menggunakan headset dengan koneksi 3,5 mm.

Realme X3 SuperZoom juga tidak dilengkapi dengan sertifikasi IP untuk ketahanan terhadap air dan debu. Dengan harga yang cukup tinggi, kehadiran sertifikasi IP mungkin akan menjadi nilai tambah yang signifikan untuk ponsel ini.

Offa
Offa Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.

Posting Komentar